EFEK DARI MERUBAH DERAJAT BUKA-TUTUP NOKEN AS DAN JARAK LSA


EFEK DARI MERUBAH DERAJAT BUKA-TUTUP NOKEN AS DAN JARAK LSA
Tabel dibawah ini sebagai ilustrasi bagamana variasi dapat dilakukan dalam menyeting LSA dan waktu buka-tutup klep akan memberi efek terhadap sifat mesin sebagai reaksi terhadap pemasangan noken as.
EFFECT DARI MENGGESER POSISI NOKEN AS
PEMAJUAN TIMING CAMPEMUNDURAN TIMING CAM
Memulai proses hisap lebih cepatMenahan proses hisap berakhir lebih lambat
Klep Inlet membuka lebih cepatTetap membuka klep inlet
Menambah torsi pada putaran bawahMenambah lebih banyak tenaga RPM atas
Jarak klep in ke piston semakin dekatMenambah jarak aman piston – Klep in
Menambah jarak klep buang ke pistonMengurangi Piston-Exhaust Valve Clearance
EFFECTS OF CHANGING LOBE SEPERATION ANGLE (LSA)
Tighten (smaller LSA number)Widen (larger LSA number)
Menggeser torsi ke RPM rendahMengembangkan torsi di RPM tinggi
Torsi maksimum meningkatTorsi maksimum menurun
Rentang tenaga sempitRentang tenaga lebar
Tekanan dalam silinder meningkatMengurangi Maximum Cylinder Pressure
Kemungkinan knocking tinggiKemungkinan engine knock rendah
Meningkatkan tendangan balik kruk asMengurangi tendangan balik kruk as
Meningkatkan Kompresi efektifMenurunkan Effective Compression
Kevakuman saat stasioner berkurangStasioner nyaman
Kualitas stasioner burukKualitas saat stasioner membaik
Overlaping meningkatOverlaping kecil
Proses Kompresi dan usaha lebih lamaSaat klep menutup bersamaan lebih sedikit
CAMSHAFT GEOGRAPHY AND LOBE FUNCTION

1) Max Lift or NoseLobe Separation Diagram
2) Flank
3) Opening Clearance Ramp
4) Closing Clearance Ramp
5) Base Circle
6) Exhaust Opening Timing Figure
7) Exhaust Closing Timing Figure
8) Intake Opening Timing Figure
9) Intake Closing Timing Figure
10) Intake to Exhaust Lobe Separation






Sumber : LOGIKA

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "EFEK DARI MERUBAH DERAJAT BUKA-TUTUP NOKEN AS DAN JARAK LSA"

Kontes Robot

Kontes Robot