Program LCD 16x2 Menggunakan Codeblock

            Udah lama ni g sempat posting, mengingat banyak nya projet atau kegiatan yang tak lekang dari pikiran dan pundak ku. sebetulnya banyak yang saya ingin share sama agan-agan semua, mau share ADC lah, LCD, PWM lah.. dan banyak lagi... kenapa saya mau share itu semuwa...? karena saya sangat ingin kritik dan saran dari agan-agan semua.. untuk menabah ilmu yang masih sedikit say miliki.. oke, mungkin itu cuma kata pengantar saja, baiklah mari kita masuk dalam sub pembahasan.. sepertinya banyak yang sudah mengetahui LCD dan fungsinya, tapi mungkin ada beberapa diantara dua-dunia (wkwk kok dua-dunia) yang belom mengerti atau belum faham dalam membuat program untuk menampilkan karakter pada LCD tersebut.. mungkin saya cuma mau share sedikit ilmu yang sudah saya dapatkan dari ORANG JENIUS dan baik hati untuk memberi sedikit ilmunya ke saya.. saya ucapkan RIBUAN terimakasih..!

           LCD adalah suatu alat untuk menampilkan data yang sudah diolah oleh mikrokontroler. dan dengan membuat program sederhana maka data yang ada pada mikro dapat kita tampilkan sehingga memudahkan kita dalam membuat program selanjutnya.. misalkan kita mu menampilkan data ADC ke LCD untuk mendapat kan nilai set point dari suatu sensor suhu.. oh iya, sebetulnya banyak aplikasi/software untuk membuat program LCD seperti BASCOM, AVRstudio, Codevision, dan Codeblock.. tapi say sendiri menggunakan Codeblock untuk membuat programnya karena beberapa fitur yang menurut saya sangat memudahkan saya dalam membuat program.





Konfigurasi pin LCD dan mikro

PIN C
KAKI LCD
0
4(RS)
1
5(RW)
2
6(E)
not connect
3 (Pot 10K)
4
11(D4)
5
12(D5)
6
13(D6)
7
14(D7)




simulasi menggunakan Proteus :





Program menampilkan data ke LCD





link download program dan simulasi : Download
Password rar : logikadelger.blogspot.com


Semoga Bermanfaat..!
Mohon Kritik dan saran yang membangun..!
Terimakasih..!




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Program LCD 16x2 Menggunakan Codeblock"

Kontes Robot

Kontes Robot